Resep Cara Membuat Homemade Sushi dengan Ubi Ungu


Homemade Sushi dengan Ubi Ungu

Resep Cara Membuat Homemade Sushi dengan Ubi Ungu, Akhirnya keinginan bikin sushi sendiri kesampaian juga,  jadilah dia si sushi ungu ini. Resep saya ambil  dari blog nya Sonia, cukup simpel dan mudah untuk diikuti step by step nya. kunjungi juga ILMU PELET BIRAHI, Ada beberapa bahan yang saya tidak pakai  seperti cuka Jepang dan beras Jepang saya ganti dengan beras yang biasa saya pakai.
Baiklah berikut resepnya :

Sushi dengan Ubi Ungu

Bahan :

400 gram nasi putih dari beras Jepang (saya pakai beras yang  biasa saya pakai, dimasak agak lembek)
3-4 sendok makan cuka Jepang (saya tidak pakai)
2 sendok makan gula (saya tidak pakai)
1/2 sendok teh garam
100 gram ubi ungu kukus dan haluskan
2 lembar nori
200 gram ikan dori filet goreng tepung, potong kecil memanjang
100 gram wortel, kukus, potong kecil memanjang
2 butir telur, kocok lepas, beri garam , masak seperti membuat telur dadar, potong kecil memanjang
1 buah timun Jepang, potong kecil memanjang
Mayones Jepang (saya pakai mayones Indonesia hehe)
Abon ayam/sapi secukupnya

Cara membuat :
1. Letakkan nasi dalam mangkuk, tambahkan garam dan ubi ungu yang telah dihaluskan, aduk hingga warna ungunya merata

2. Lapisi tikar sushi (yang terbuat dari bambu) dengan plastik wrap

3. Letakkan satu lembar nori diatas tikar sushi, pastikan bagian yang halus menghadap ke bawah. Tutup bagian atas nori dengan nasi yang sudah dicampur dengan ubi ungu tadi (saya memakai hand gloves agar lebih hygienis dan nasi tidak lengket di tangan), sisakan masing masing 1 cm dari pinggir

4. Letakkan wortel, telur, ikan, timun, abon memanjang diatas nasi bagian pinggir yang dekat kearah kita, beri mayones diatasnya

5. Mulai menggulung sushi dari  kearah kedepan. Apabila sudah tergulung, padatkan, agar pada saat dipotong gulungan tidak terbuka, tapi jangan terlalu ditekan karena nori bisa robek

6. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong sushi, basahi pisau dengan sedikit air supaya tidak lengket.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar